KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 02187943615
  • SMS - 081284954475
  • Whatsapp - 081284954475
  • csmandirifiber@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah Langkah Yang Bisa Dilakukan Untuk Melaksanakan AMDAL

Inilah Langkah Yang Bisa Dilakukan Untuk Melaksanakan AMDAL

Diposting pada 20 November 2020 oleh ngadmin

 

AMDAL merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk menilai potensi dampak proyek pembangunan yang diusulkan terhadap lingkungan alam dan sosial. AMDAL sendiri merupakan salah satu izin lingkungan untuk melakukan suatu kegiatan atau usaha.

Berikut ini tahapan yang bisa dilakukan dalam pelaksanaan AMDAL :

  1. Menghindari dampak
  2. Meminimalisir dampak dengan membatasi tingkat atau besarnya tindakan
  3. Memperbaiki, merehabilitasi, serta memulihkan lingkungan yang terkena dampak
  4. Mengurangi atau menghilangkan dampak
  5. Mengkompensasi dampak dengan mengganti atau menyediakan sumber daya lingkungan sebagai pengganti

AMDAL seringkali menantang karena memerlukan proyeksi dengan informasi yang tidak lengkap. Metode penilaian dampak biasanya mencakup informasi yang obyektif dan subyektif sehingga sulit untuk diukur. Oleh karena itu, metode inipun sering dianggap kompleks dan sering kotroversial.

Meskipun menjadi salah satu persyaratan untuk berbagai banyak proyek pembangunan, fungsi dari pernyataan dampak lingkungan hanyalah prosedur dan tidak memiliki kekuatan hukum tertentu jika informasi yang berasal dari analisis dampak lingkungan membenarkan kalau ada proyek yang bisa membahayakan lingkungan. Akibatnya sering diserahkan ke pengadilan untuk memutuskan apakah resikonnya untuk lingkungan besar atau tidak.

Meskipun AMDAL sering memunculkan banyak pertanyaan daripada yang dijawabnya karena memeriksa berbagai hubungan antara sosial, ekonomi, teknologi, serta ekologis yang terlibat didalam proyek pembangunan potensial. AMDAL pun memberikan pendekatan yang praktis dan menarik untuk memahami serta mengapresiasi banyak kerumitan serta ketidakpastian terkait hubungan timbal balik ini.

AMDAL sebenarnya merupakan suatu kajian mengenai dampak positif dan negatif dari suatu rencana kegiatan/proyek yang dipakai oleh pemerintah dalam memutuskan apakah suatu kegiatan layak atau tidak layak untuk lingkungan. Kajian ini biasanya disusun dengan mempertimbangkan aspek fisik, kimia, biologi, sosial-ekonomi, sosial dan budaya, serta kesehatan masyarakat.

Suatu kegiatan bisa dinyatakan tidak layak berdasarkan hasil kajian dari AMDAL, jika dampak negatif yang ditimbulkan tidak bisa ditanggulangi oleh teknologi yang ada. Demikian pula jika biaya yang dibutuhkan untuk menanggulangi dampak negatif ini lebih besar dari manfaat serta dampak positif yang akan ditumbulkan.

100%

Bagikan informasi tentang Inilah Langkah Yang Bisa Dilakukan Untuk Melaksanakan AMDAL kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah Langkah Yang Bisa Dilakukan Untuk Melaksanakan AMDAL | Produsen Tempat sampah fiberglass dan Stainless TERBESAR

Belum ada komentar untuk Inilah Langkah Yang Bisa Dilakukan Untuk Melaksanakan AMDAL

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Temukan Kami
Kontak