KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 02187943615
  • SMS - 081284954475
  • Whatsapp - 081284954475
  • csmandirifiber@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah Beberapa Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Menangani Limbah Cair

Inilah Beberapa Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Menangani Limbah Cair

Diposting pada 1 Desember 2020 oleh ngadmin

 

Limbah cair merupakan salah satu jenis limbah yang banyak dihasilkan dari proses kegiatan produksi sebuah industri sehingga limbah cair sangat identik dengan limbah sisa industri. Saat ini memang sudah semakin banyak sekali kasus pencemaran lingkungan yang disebabkan karena kurang tepatnya cara untuk penanganan limbah cair sehingga akhirnya mencemari lingkungan warga.

Nah, beberapa cara dibawah ini diharapkan bisa membantu dalam menangani masalah limbah cair yang mungkin sangat mengganggu :

  1. Proses penyaringan

Limbah cair bisa disaring untuk nantinya memisahkan partikel tersusensi dari air

  1. Flotasi

Flotasi sendiri merupakan salah satu proses yang dilakukan untuk menangani limbah cair dengan cara membuang dan memisahkan partikel yang mengapung diatas permukaan air

  1. Penyisihan

Untuk penyisihan bisa dilakukan dengan cara mengoksidsi limbah cair sehingga zat organis yang beracun bisa terpisah dari air

  1. Penyerapan

Proses penyerapan dilakukan dengan menggunakan karbon sehingga partikel yang tidak dibutuhkan bisa terserap dan terpisah dengan air

  1. Pengendapan

Proses pengendapan ini dilakukan dengan tujuan supaya semua bahan yang tidak mudah larut bisa terpisah dengan air. Proses ini nantinya dilakukan dengan cara menambahkan elektrolit.

  1. Proses menghilangkan material organik

Untuk cara yang dilakukan pada proses ini ialah dengan memberikan mikroorganisme supaya material organik didalam  limbah bisa hancur atau hilang.

  1. Proses penghancuran partikel perusak

Hal ini perlu dilakukan supaya bisa melindungi alat dari partikel-partikel yang bisa merusak.

  1. Menghilangkan organisme yang menyebabkan penyakit

Pada proses yang satu ini, kita bisa menggunakan sinar ultraviolet atau bisa juga dengan menambahkan khlorin.

  1. Pengurangan limbah cair

Jumlah limbah cair bisa kita kurangi dengan cara melakukan efisien proses produksi sehingga jumlah limbah cair yang dihasilkan nantinya bisa diminimalisir atau berkurang.

  1. Menggunakan kolam oksidasi

Kolam oksidasi merupakan salah satu metode penanganan libah cair secara biologi.

Nah, limbah memang jika dibuang secara sembarangan tanpa diolah akan sangat membahayakan bagi lingkungan. Apalagi jika limbah dibuang ke lingkungan masyarakat tentu akan mencemarkan air sumur masyarakat dan tanah. Jika limbah dibuang ke sungai atau laut akan membuat ekosistem air menjadi rusak, hewan menjadi mati.

Bagikan informasi tentang Inilah Beberapa Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Menangani Limbah Cair kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah Beberapa Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Menangani Limbah Cair | Produsen Tempat sampah fiberglass dan Stainless TERBESAR

Belum ada komentar untuk Inilah Beberapa Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Menangani Limbah Cair

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Temukan Kami
Kontak