KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 02187943615
  • SMS - 081284954475
  • Whatsapp - 081284954475
  • csmandirifiber@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » Dampak Sampah yang Bisa Langsung Dirasakan oleh Lingkungan

Dampak Sampah yang Bisa Langsung Dirasakan oleh Lingkungan

Diposting pada 20 Agustus 2019 oleh ngadmin

 

dampak-dari-sampah

Sampah – sampah yang terlantar di jalanan atau di tempat – tempat yang bukan seharusnya memang akan menimbulkan sebuah dampak negative yang sangat tidak baik bagi alam, bagi lingkungan, dan juga bagi kesehatan manusia itu sendiri.

Jelas sampah – sampah yang tidak dikontrol dengan baik dan dibiarkan di buang dimana saja, pasti akan menimbulkan dampak yang tidak diinginkan.

Tengok saja di ibukota Jakarta, yang kerap kali terkena bencana banjir. Dimana memang penyebab utamanya adalah luapan sungai yang melintas di seluruh Penjuru Jakarta.

Dan kenapa sungai – sungai ini bisa meluap ? sudah tentu bisa meluap dikarenakan sampah yang menyumbat saluran – saluran air yang ada.

Tersumbatnya saluran air yang ada di Jakarta tentu bukanlah hal yang kebetulan. Kenapa? Karena tentu tersumbatnya saluran air yang ada di Jakarta itu adalah dikarenakan kebanyakan adalah oleh ulah manusia itu sendiri yang masih banyak oknum – oknum yang sering membuang sampah sembarangan.

Nah memang sampah itu bisa berdampak langsung terhadap kita dan juga lingkungan disekitar kita termasuk hewan dan juga tumbuh – tumbuhan.

  1. Dampak Kesehatan

 

Lokasi yang kurang terkontrol dari yang namanya sampah dan tidak memiliki system pengelolaan sampah yang benar biasanya akan rentan diserang oleh wabah penyakit. Nah wabah penyakit yang bisa datang juga tentu sangat banyak. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Penyakit kolera, diare, dan juga tifus bisa menyebar dengan cepat karena banyaknya bakteri dan juga virus yang berkumpul disana. Apalagi jika air di lingkungan tersebut juga ikut tercemar atau terkontaminasi, sudah pasti penyakit lebih mudah lagi masuk ke tubuh setiap orang yang mengggunakan air di sekitar lingkungan tersebut.

Selain itu, nyamuk aedes aegepty juga akan dengan mudahnya berkembang biak. Dan bahayanya, sudah jelas akan menebar penyakit yaitu penyakit demam berdarah.

Jelas penyakit ini adalah salah satu penyakit yang mematikan.

  • Jika air sudah terkena cairan bekas sampah, pasti air disekitarnya juga akan ikut terkontaminasi. Dan dengan begitu, pasti jamur akan berkembang dengan cepat. Dan orang – orang disekitarnya juga bisa terkena yang namanya penyakit jamur kulit.
  • Selanjutnya adalah penyakit yang bisa menyebar akibat dari rantai makanan. Yaitu penyakit yang bisa dijangkitkan oleh cacing pita. Sebelumnya, cacing pita ini akan masuk kedalam tubuh binatang ternak saat makan di lokasi atau tempat yang kotor. Nah saat binatang ternak ini di potong dan dikonsumsi manusia, pasti cacing pitanya pun akan ikut terkonsumsi.
  1. Dampak Lingkungan

Sampah – sampah yang tidak segera diangkut, atau dibiarkan begitu saja bergeletakan di dekat lingkungan kita, pasti lama kelamaan menimbulkan bau tak sedap yang pasti akan mengganggu indra penciuman kita. Nah ini namanya sudah termasuk pencemaran udara loh…

Pencemaran tanah juga bisa terjadi akibat sampah yang dibiarkan berserakan di tempat yang bukan seharusnya. Apalagi jika yang menumpuk diatas tanah tersebut adalah sampah – sampah B3.

Bisa jadi, lama kelamaan tanah menjadi tidak subur dan malah membawa dampak buruk bagi manusia di sekitarnya.

Selain itu, alam juga butuh ratusan tahun untuk bisa mengurai sampah – sampah tersebut secara alami. Wahh, bahaya juga bukan ?

Makanya, ayo pastikan lingkungan tempat tinggalmu tidak terkontaminasi oleh yang namanya sampah agar tetap bersih, aman, nyaman, dan pastinya sehat.

Bagikan informasi tentang Dampak Sampah yang Bisa Langsung Dirasakan oleh Lingkungan kepada teman atau kerabat Anda.

Dampak Sampah yang Bisa Langsung Dirasakan oleh Lingkungan | Produsen Tempat sampah fiberglass dan Stainless TERBESAR

Belum ada komentar untuk Dampak Sampah yang Bisa Langsung Dirasakan oleh Lingkungan

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Temukan Kami
Kontak