KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 02187943615
  • SMS - 081284954475
  • Whatsapp - 081284954475
  • csmandirifiber@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » Ternyata Mengelola Sampah Banyak Manfaatnya, Seperti Inilah Contohnya

Ternyata Mengelola Sampah Banyak Manfaatnya, Seperti Inilah Contohnya

Diposting pada 22 Februari 2020 oleh ngadmin

 

daur-ulang-rumah-tangga

Isu saat ini yang paling kental dan banyak dibicarakan di dunia adalah isu soal sampah. Ya saat ini debit sampah di berbagai dunia memang terus bertambah mengikuti jumlah konsumsi masyarakat dunia yang juga terus bertambah.

Kebutuhan manusia di berbagai bidang yang terus bertambah membuat sampah atau limbah pun pada akhirnya memang harus bertambah juga. Tidak hanya di darat saja, sampah juga nyatanya banyak yang sampai ke lautan dan banyak menyebabkan kerusakan.

Maka dari itu, berbagai upaya yang perlu dilakukan untuk bisa mengurangi sampah. Nah tentu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita bisa mengelola sampah dengan baik. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Bisa mengurangi polusi dan pencemaran

 

Manfaat pertama yang pasti kita dapatkan adalah berkurangnya polusi dan juga pencemaran. Ya salah satu penyebab utama adanya polusi dan juga pencemaran memang adalah dari limbah dan juga sampah.

Banyak tanah, air, dan udara yang harus tercemar akibat limbah. Maka dari itu, ketika kita sudah bisa mengelola limbahnya dengan baik, maka bisa dipastikan bahwa pencemaran akan semakin berkurang. Dan ini tentu sangat baik untuk lingkungan kita dan juga kesehatan kita.

  1. Menghemat Sumber daya alam yang ada

Kebanyakan semua benda dan juga alat dan juga apapun yang banyak dibuat oleh manusia itu pasti terbuat dari bahan yang bersumber dari alam.

Misalnya, pembuatan tissue yanga harus menebangkan pohon, lalu pembuatan plastik yang harus menggunakan minyak bumi, dll.

Nah ketika kita mengurangi penggunaan tissu dan plastik misalnya, maka jelas akan semakin berkurang pohon yang ditebang untuk produksi tissu dan juga semakin berkurang minyak bumi yang harus digunakan untuk pembuatan plastik.

Sehingga sudah jelas SDA akan lebih hemat lagi.

  1. Bisa menghemat energi juga

 

Saat ini sudah beberapa kali ada penemuan yang bisa menciptakan energi alternatif dari yang namanya sampah. Misal saja, sudah ada negara yang bisa membuat pembangkit listrik dari bahan baku sampah dan berhasil menghidupkan listrik di banyak rumah di negara tersebut.

Nah dengan begitu, semakin banyak sampah yang bisa dijadikan sebagai energi alternatif, maka semakin lebih hemat lagi energi yang sudah ada yang terbuat dari Sumber daya alam.

  1. Bisa hemat pengeluaran

Selama ini salah satu penyebab kenapa kita banyak pengeluaran adalah karena kita sering membeli barang – barang yang baru meskipun sebetulnya barang baru itu pun tidak terlalu kita butuhkan dan sebetulnya juga barang lama pun masih bisa digunakan.

Makanya, ketika kita bisa menggunakan barang yang sudah ada dengan baik, dan mampu merawat, bahkan mengelola barang yang kita miliki agar tidak mudah rusak, atau bahkan jikapun sudah rusak kita bisa mendaur ulangnya maka sudah pasti akan lebih menghemat uang kita sendiri.

  1. Memiliki nilai ekonomis

 

Ya ketika kita bisa mendaur ulang sampah dan kebetulan hasil daur ulang sampah itu juga bagus, biasanya memang malah bisa menjadi nilai ekonomis.

Apalagi jika ada beberapa orang yang mulai tertarik dari daur ulang kita. Lama – kelamaan malah bisa kita jual dan malah bisa menjadi pemasukan tambahan untuk kita.

Contoh nya pun sudah sangat banyak sekali mereka – mereka yang berhasil memanfaatkan sampah memiliki omset dari sampah tersebut.

kreatifitas-daur-ulang

Itulah beberapa manfaat sampah jika kita bisa mendaur ulang sampah. Maka dari itu, ayo meskipun perlahan, belajarlah tata cara pengelolaan sampah. Selain bisa membuat lingkungan bersih, akan ada nilai ekonomis juga yang bisa kamu dapatkan 🙂

Bagikan informasi tentang Ternyata Mengelola Sampah Banyak Manfaatnya, Seperti Inilah Contohnya kepada teman atau kerabat Anda.

Ternyata Mengelola Sampah Banyak Manfaatnya, Seperti Inilah Contohnya | Produsen Tempat sampah fiberglass dan Stainless TERBESAR

Belum ada komentar untuk Ternyata Mengelola Sampah Banyak Manfaatnya, Seperti Inilah Contohnya

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Temukan Kami
Kontak