KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 02187943615
  • SMS - 081284954475
  • Whatsapp - 081284954475
  • csmandirifiber@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » Sampah Rumah Tangga Bisa Dikelola Dengan Mudah Dengan Cara Ini

Sampah Rumah Tangga Bisa Dikelola Dengan Mudah Dengan Cara Ini

Diposting pada 27 Desember 2019 oleh ngadmin

daur-ulang-sampah-plastik

Salah satu tempat yang paling banyak menghasilkan sampah atau limbah setiap harinya adalah rumah kita sendiri. Ya, rumah kita memang sudah pasti menghasilkan yang namanya sampah atau juga limbah mulai dari sampah organik, sampah anorganik bahkan juga kepada sampah berbahaya seperti  sampah B3.

Makanya kita juga jangan sampai menyepelekan sampah rumah tangga. Atau jangan berpikir bahwa jika kita sudah membuang semua sampahnya ke tempat lain berarti kita sudah menjaga lingkungan. Tentu tidak, karena sampah akan tetap mengotori tempat lain yang berasal dari rumah kita tersebut.

Nah, maka dari kamu perlu tau, apa saja cara paling mudah dan simple untuk yang mengelola sampah rumah yang aman dan juga benar. Ini dia :

  1. Minimalisir Sampahnya

Nah yang pasti harus kita lakukan pertama kali adalah kita harus memastikan bahwa kita bisa meminimalisir sampah.

Banyak cara untuk menginisiasikan agar sampah kita bisa diminimalisir yaitu misalnya dengan tidak menggunakan barang sekali pakai.

Kita bisa menggunakan botol minum seperti tumblr atau tupperware yang bisa digunakan berkali – kali untuk menemani aktifitas kita.

Atau kita juga bisa menggunakan sedotan yang terbuat dari bahan stainless yang bisa digunakan berulang kali. Tidak menggunakan kantong plastik dan beralih ke totebag untuk belanja, dll.

  1. Jangan Lupa pilah sampah di rumah

Selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah kita harus melakukan pemilahan sampah di rumah kita sendiri. Setidaknya kita menyiapkan 2 jenis tong sampah untuk menempatkan antara sampah organik dan juga anorganik.

Sebetulnya seharusnya kita harus memiliki 3 jenis tong sampah untuk menampung sampah organik, anorganik dan juga B3. Namun jika tidak bisa, 2 pun sudah cukup.

Nantinya ini akan mempermudah kita dan juga mempermudah petugas kebersihan untuk mengelola sampah tersebut. Karena mana tau masih ada sampah yang bisa diolah kembali untuk dijadikan sebagai barang – barang yang baru.

  1. Jalankan prinsip 3R

 

Nah inilah yang seharusnya kita praktikkan yaitu menjalankan prinsip 3R yaitu reduce, reuse dan juga recycle. Untuk Reduse, artinya kita menjalankan prinsip pengurangan sampah.

Artinya apabila kita dalam sehari bisa mengisi setengah tong sampah, usahakan esok harinya kita hanya mengisi seperempatnya saja.

Dan jika kita sudah menjalankan prinsip Reduce, selanjutnya kita menjalankan prinsip Reuse yang memiliki arti menggunakan kembali.

Artinya, apabila dirumah kita masih memiliki sampah yang masih bisa digunakan kembali seperti kantong kresek, kertas bekas, dan bahan – bahan lainya. Dengan begitu, maka nantinya sampah  pun bisa berkurang dan juga bisa termanfaatkan dengan baik.

Nah yang terakhir adalah prinsip daur ulang dimana kita setidaknya harus mengerti walaupun sedikit mengenai cara untuk mendaur ulang.

Banyak sekali benda rumahan yang sebetulnya bisa kita daur ulang seperti misalnya kain bekas atau pakaian bekas yang sudah tidak bisa dipakai lagi, bisa kita gunting dan dibentuk untuk dijadikan sebagai kain majun, atau kanebo untuk mengelap kendaraan, dan fungsi lainnya.

Nah apabila kita sudah bisa menjalankan beberapa hal diatas yang kita sebutkan tadi, maka kemungkinan lingkungan kita di rumah sudah terjaga dan bersih.

Selanjutnya kita bisa mengajak tetangga atau orang terdekat kita untuk ikut juga menjalankan hal seperti diatas. Dengan begitu tidak hanya rumah kita saja yang bersih tapi juga lingkungan komplek atau kampung kita pun bisa ikut bersih.

Jadi ayo…pasti kan kita bisa menyebarkan kebaikan dengan mengajak tetangga dan orang terdekat untuk menjaga lingkungan dengan mengelola sampah.

Bagikan informasi tentang Sampah Rumah Tangga Bisa Dikelola Dengan Mudah Dengan Cara Ini kepada teman atau kerabat Anda.

Sampah Rumah Tangga Bisa Dikelola Dengan Mudah Dengan Cara Ini | Produsen Tempat sampah fiberglass dan Stainless TERBESAR

Belum ada komentar untuk Sampah Rumah Tangga Bisa Dikelola Dengan Mudah Dengan Cara Ini

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Temukan Kami
Kontak