KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 02187943615
  • SMS - 081284954475
  • Whatsapp - 081284954475
  • csmandirifiber@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » Masyarakat Sangat Berperan Penting dalam Melestarikan Lingkungan

Masyarakat Sangat Berperan Penting dalam Melestarikan Lingkungan

Diposting pada 5 Mei 2021 oleh ngadmin

sampah organik, sampah nonorganik,

 

Dalam upaya pelestarian lingkungan, keberadaan manusia sangatlah dibutuhkan ditengah giatnya aktivitas negara dalam menjalankan pembangunan baik dalam pembangunan fisik maupun nonfisik yang di arahkan untuk kesejahteraan dan kemajuan bangsa dan negara.

Pada dasaranya, pembangunan yang ditargetkan oleh pihak pemerintah tidak hanya membuat atau menciptakan suatu produk yang berhubungan dengan pembangunan berdasarkan keinginan saja. Tetapi perlu adanya pertimbangan kembali berupa adanya perencanaan yang matang. Karena dalam perencanaan perlu memerhatikan dampak dari pembangunan tersebut terhadap ekosistem yang ada di zona pembangunan dan sekitarnya baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Para investor yang berlomba-lomba untuk membangun hotel, mall, super market dan lain-alin akan melakukan berbagai cara dengan membeli lahan milik rakyat dan menyewa lahan negara dengan mengatasnamakan pembangunan terserbut. Dengan adanya pembangunan, masyarakt yang kurang mampu akan pindah dan membangun tempat tinggal di pinggiran sungai yang sebenarnya sangat tidak boleh ditempati karena akan merusak ekosistem sungai.

Para investor sebagai masyarakat juga harus menjalankan pembangunan berwawasan lingkungan hidup. Investor wajib mempertimbangkan pembangunan yang berkelanjutan dengan pengelolaan lingkungan hidup untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup yang meliputi kebijakan penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pengawasan, dan pengendalian lingkungan hidup.

Pembangunan berbagai hotel berbintang maupun hotel biasa, mall, supermarket dan perumahan harus dilakukan pengkajian ulang dengan melakukan audit lingkungan. Audit lingkungan dapat diartikan sebagai proses evaluasi yang dilakukan oleh penanggung jawab usaha untuk menilai tingkat ketaatan terhadap persyaratan hukum yang berlaku dan kebijaksanaan atas standar yang telah ditetapkan.

Masyarakat pun memiliki peran besar dalam memerhatikan pembangunan dengan melestarikan lingkungan hidup. Masyarakat maupun pemerintah memiliki hak yang sama atas lingkungan hidup yang baik dan sehat. Setiap orang memiliki hak untuk berperan dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dengan adanya keterlibatan masyarakat dengan memberikan informasi yang benar bila ada penyelewengan, maka pemerintah harus menerima informasi tersebut dengan menindak lanjutinya bukan mengabaikannya. Masyarakat juga perlu menerima keputusan bila keputusan yang dibuat adalah benar. Adanya peran serta masyarakat dalam proses pengambilan keputusan akan dapat banyak mengurangi kemungkinan timbulnya pertentangan antar anggota masyarakat, asal peran serta tersebut dilaksanakan pada saat yang tepat.

 

Bagikan informasi tentang Masyarakat Sangat Berperan Penting dalam Melestarikan Lingkungan kepada teman atau kerabat Anda.

Masyarakat Sangat Berperan Penting dalam Melestarikan Lingkungan | Produsen Tempat sampah fiberglass dan Stainless TERBESAR

Belum ada komentar untuk Masyarakat Sangat Berperan Penting dalam Melestarikan Lingkungan

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Temukan Kami
Kontak