KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 02187943615
  • SMS - 081284954475
  • Whatsapp - 081284954475
  • csmandirifiber@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » Kerusakan Lingkungan Yang Disebabkan Oleh Para Pendaki Gunung

Kerusakan Lingkungan Yang Disebabkan Oleh Para Pendaki Gunung

Diposting pada 10 Februari 2021 oleh ngadmin

 

Kerusakan lingkungan yang disebabkan karena ulah dari manusia memang sudah banyak ditemukan dibeberapa tempat salah satunya di gunung. Bukan hanya disebabkan oleh pendaki pemula saja, namun pun disebabkan oleh pendaki yang sudah lama.

Salah satunya ialah di gunung Cikuray yang terletak di Garut yang sudah sejak lama menjadi favorit para pendaki. Sayangnya samakin banyak pendaki yang datang, malah semakin banyak jumlah sampah yang berserahkan.

Petugas pendakian di gerbang pintu masuk biasanya akan mendata barang yang dibawa oleh pendaki. Pendaki selalu dihimbau untuk membawa kembali sampah dari barang atau makanan yang dibawa ke kawasan gunung.

Pendataan di awal keberangkatan tersebut bertujuan supaya bisa melakukan pendataan ulang saat keluar dari kawasan gunung, apakah pendaki membawa sampahnya kembali atau tidak. Namun kenyataannya salah satu petugas mengatakan bahwa hanya segelintir orang yang membawa sampahnya turun kembali.

Setiap 1 minggu sekali biasanya petugas melakukan penyisiran pada tiap-tiap jalur yang dilalui oleh pendaki. Petugas pun mengatakan kalau dia masih sering melihat sampah yang berserakan dimana-mana. Bahkan di puncak gunung pun dia melihat tumpukan sampah yang dibakar atau dibiarkan begitu saja.

Petugas pun menuturkan kalau membersihkan sampah di puncak memang tanggung jawab mereka sebagai petugas yang dibayar untuk membersihkan sampah. Tapi walaupun begitu, sudah seharusnya sebagai pendaki memiliki kesadaran kalau kelestarian lingkungan pun harus diperhatikan.

Banyak orang yang mendaki gunung karena mengklaim dirinya adalah pecinta alam. Maka dari itu, sudah seharusnya pada pendaki gunung yang mencintai alam tidak membuang sampah sembarangan dan ikut menjaga lingkungan di gunung.

Perlu kita ketahui kalau masalah sampah itu bisa berdampak pada ekosistem di gunung, salah satunya ialah pada Leontopodium atau Anaphalis Javanica atau yang sering kita kenal dengan sebutan Edelweis atau bunga keabadiaan. Salah satu tanaman yang dilindungi oleh undang-undang karena sudah langka.

Namun sayangnya beberapa pendaki mengatakan pernah melihat banyak bunga edelweis yang ada di beberapa gunung di Jawa yang sudah dipetik oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Bagikan informasi tentang Kerusakan Lingkungan Yang Disebabkan Oleh Para Pendaki Gunung kepada teman atau kerabat Anda.

Kerusakan Lingkungan Yang Disebabkan Oleh Para Pendaki Gunung | Produsen Tempat sampah fiberglass dan Stainless TERBESAR

Belum ada komentar untuk Kerusakan Lingkungan Yang Disebabkan Oleh Para Pendaki Gunung

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Temukan Kami
Kontak