KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 02187943615
  • SMS - 081284954475
  • Whatsapp - 081284954475
  • csmandirifiber@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » Ini dia kota yang pernah mendapatkan predikat kota paling kotor di Indonesia

Ini dia kota yang pernah mendapatkan predikat kota paling kotor di Indonesia

Diposting pada 8 Juli 2019 oleh ngadmin

Sebuah Lembaga atau komunitas yaitu Ikatan Ahli Perencanaan Secara berkala sering memberikan predikat kota – kota ternyaman di Indonesia. Pada tahun 2017 Silam kota Solo mendapatkan predikat itu. Penghargaan seperti Adipura juga akan di berikan kepada kota yang paling terbersih di Indonesia.

Nah kalo sampai ada yang namanya penghargaan kota paling bersih dan paling nyaman. Pasti  juga ada penghargaan kota paling kotor di Indonesia. Wah jadi gimana rasanya ya di sebut sebagai kota paling kotor? Pasti engga enak tuh…

Yap, kota – kota ini disebut sebagai kota paling kotor berdasarkan penilaian dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK ). Berikut ini adalah kota – kota yang nilainya paling rendah untuk masing – masing kategori kota nya. Ada kota kecil, kota sedang, kota besar, dan kota metropolitan.

Kota paling paling kotor untuk kategori metropolitan adalah  Medan. Untuk kota besar, jatuh kepada Bandar Lampung dan juga Manado.

 

Medan memang mendapatkan predikat kota paling kotor untuk kategori kota metropolitan. Kota medan ini kalah bersih dari kota – kota metropolitan lainnya seperti Jakarta, Bandung, Makassar, atau juga Surabaya. Sementara itu untuk kota besarnya, predikat kota paling kotor Bandar Lampun dan juga Manado.

Kategori kota sedang yang paling kotor di peroleh oleh kota Sorong, Palu, dan Kupang. Yang semuanya ini ada di Indonesia Timur.

Sorong berada di Papua Barat, Kupang berada di Nusa Tenggara Timur,  dan Palu adalah ibukota Sulawesi Tengah. Entah ini adalah kebetulan atau tidak, yang pasti 3 kota sedang yang mendapatkan predikat sebagai kota paling kotor di Indonesia berada di Indonesia bagian timur semuanya.

Harusnya ini menjadi catatan atau evaluasi lagi, apakah di di bagian Indonesia timur sana system kebersihan dan juga fasilitasnya masih tertinggal atau tidak ..

Kategori kota kecil adalah Waikabubak di Sumba barat, Waisai di Raja Ampat, Buol di Sulteng, Bajawa di Kab Ngada

 

Sebentulnya miris kalo melihat kota – kota yang kita sebutkan tadi itu masuk kedalam kategori kota kecil terkotor. Kenapa ? karena daerah – daerah tersebut adalah daerah wisata. Tempat – tempat seperti Raja Ampat Misalnya yang mana sudah sangay banyak dikenal baik oleh wisatawan domestic atau juga wisatawan asing. Tentu ini menjadi koreksi paling penting bagi pemerintah pusat dan juga pemerintah daerah. Bagaimana munking, daerah pariwisata yang menjadi daya Tarik Indonesia untuk wisatawan dalam dan luar negeri mendapatkan predikat sebagai kota terkotor.

Karena jika di biarkan terus begitu, nantinya justru akan membuat malu karena banyak wisatawan yang nantinya.

 

Memangnya apa saja kriteria sebuah kota disebut sebagai kota terkotor Indonesia ?

 

Predikat kota terkotor ini hasil dari kriteria penilaian fisik kota itu sendiri serta bagaimana system tempat pemprosesan akhirnya ( TPA ). Kota – kota paling kotor tersebut dinilai karena banyak yang membuang sampah secara terbuka dan belum membuat kebijakan dan strategi nasional ( Jakstranas tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenisnya.

Serta penilaian yang  lainnya adalah komitmen dari pemerintah daerahnya sendiri yang kurang, anggarannya juga kurang, serta juga partisipasi public yang kurang.

Nah makanya, kamu juga sebagai masyarakat, harusnya berpartisipasi agar kotamu tidak mendapat title predikat seperti itu. Minimal kamu tidak buang sampah sembarangan dan menggunakan barang – barang yang ramah lingkungan 🙂

Bagikan informasi tentang Ini dia kota yang pernah mendapatkan predikat kota paling kotor di Indonesia kepada teman atau kerabat Anda.

Ini dia kota yang pernah mendapatkan predikat kota paling kotor di Indonesia | Produsen Tempat sampah fiberglass dan Stainless TERBESAR

Belum ada komentar untuk Ini dia kota yang pernah mendapatkan predikat kota paling kotor di Indonesia

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Temukan Kami
Kontak