KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 02187943615
  • SMS - 081284954475
  • BBM - D73E5C28
  • Whatsapp - 081284954475
  • csmandirifiber@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » Apa Yang Salah Dengan Kebiasaan Kita Tentang Sampah?

Apa Yang Salah Dengan Kebiasaan Kita Tentang Sampah?

Diposting pada 4 Mei 2020 oleh ngadmin

tumpukan-sampah-rumah-tangga

Buanglah sampah pada tempatnya. Kita pasti tahu tulisan atau slogan itu dari kecil. Bahkan dari jenjang pendidikan dasar kita sudah mengenal hal itu.

Bahkan bisa muncul di soal ulangan kita. Tanpa kita sadari pasti itu tertanam di pikiran kita. Tapi kenyataan pahit yang bisa kita lihat pada kenyataannya.

Bagaimana orang Indonesia membuang sampah secara sembarangan. Mungkin dari semua orang yang ada di Indonesia yang membuang sampah pada tempatnya hanya kurang dari 50% saja? Tidak percaya? Coba anda buktikan sendiri dengan melihat di lingkungan anda tinggal.

Lingkungan kita itu sangat kotor dimanapun dan kapanpun. Kesadaran masyarakat masihlah sangat kurang agar membuang sampah pada tempatnya.

Saat kita pergi ke tempat wisata, pasti banyak sampah berserakan di sekitar, itu bisa dipastikan. Dan jika kita pergi ke tempat lain misalnya mendaki gunung untuk bersantai, tapi perasaan itu bisa langsung sirna karena kita melihat sampah yang berserakan.

Pemandangan alam yang kita idam-idamkan jadi pemandangan tumpukan sampah dan merusak pemandangan. Di lautpun pasti sama saja. Malah mungkin lebih parah dari pada di daratan.

Padahal hampir semua di fasilitas umum dan juga tempat wisata telah disediakan tempat sampah. Di kendaraan umum pun juga begitu ada tempat sampah.

Tapi kenapa hal yang dari kecil kita tahu dan di jenjang pendidikan juga diajarkan, tapi itu semua bagai hilang ditelan bumi?

Membuang sampah merupakan sebuah kebiasaan. Kita melakukan hal ini tanpa berpikir, tanpa sadar. Ada Riset tentang perilaku manusia yang menunjukkan bahwa halĀ  yang sudah menjadi rutinitas akan tetap dilakukan, meski dia sudah mengalami kerusakan otak sehingga membuatnya hilang ingatan sekali pun.

Informasi perihal kebiasaan disimpan di sisi otak paling dalam, yang bernama basal ganglia. Di bagian ini tersimpan informasi tindakan yang dilakukan berulang, dalam kurun waktu yang lama.

Dan jika kita merubah kebiasaan itu, intinya kita merubah informasi yang berada di ganglia. Kebiasaan yang kita lakukan secara bertahun-tahun tidak mudah diubah dalam sekejap mata.

Jadi untuk merubah perilaku ini, menurut para ahli sebaiknya kita melakukanya secara bertahap, agar efek yang ditimbulkan menjadi nyata?

Jadi apa yang harus kita ubah? Membuang sampah adalah kebiasaan, tetapi lebih baik kita membuang sampah pada tempatnya, bukan membuang secara sembarangan.

Bagikan informasi tentang Apa Yang Salah Dengan Kebiasaan Kita Tentang Sampah? kepada teman atau kerabat Anda.

Apa Yang Salah Dengan Kebiasaan Kita Tentang Sampah? | 0812-8495-4475 Pesan Tong sampah Fiber stainless DISINI AJA !

Belum ada komentar untuk Apa Yang Salah Dengan Kebiasaan Kita Tentang Sampah?

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Temukan Kami
Kontak